IN MEMORIAM SUGENG SETYADI (AKTIVIS SENIOR LPTP)


LPTP berduka. Salah satu anggota Dewan Pembina Yayasan LPTP wafat hari Senin tanggal 29 November2022 saat subuh. Almarhum sedang berada di Bandung menghadiri sebuah acara namun tiba-tiba sakit. Meskipun sudah dilarikan ke rumah sakit namun beliau memenuhi kehendak takdirnya pada pagi hari itu. Dari Bandung jenazah di bawa ke Jogjakarta tempat tinggalnya. Sore hari sekitar jam 4 dimakamkan dekat makam isterinya.

Almarhum dilahirkan pada 1 September 1952. Sejak muda ia aktif dalam berbagai organisasi. Generasi lama LPTP sangat mengenal almarhum Sugeng Setyadi. Sepanjang hidupnya ia seorang aktivis di berbagai perkumpulan dan organisasi. Meskipun generasi milenial LPTP juga mengenalnya namun karena jarak yang cukup panjang tidak seakrab generasi lama. Karena akrabnya itu semua orang dari generasi lama  memanggilnya Pak De atau lengkapnya Pak De Sugeng saja. Panggilan Pak De merupakan sebutan bermartabat bagi masyarakat Jawa bagi seseorang yang lebih senior, terhormat atau lebih tua di banding ayahnya sendiri.

Almarhum (kedua dari kiri) dalam sebuah acara Dewan Pembina YLPTP

Figurnya yang ramah dan kemampuannya mendengarkan pendapat orang lain membuatnya disukai banyak orang. Sosoknya juga terbilang energik dengan mobilisasi diri yang kuat. Ia selalu hadir di berbagai kegiatan baik itu di LPTP maupun di perhimpunan lain yang diikutinya.

Almarhum Sugeng Setyadi sudah sangat lama aktif di Yayasan LPTP. Terakhir almarhum salah satu wakil ketua bidang pengelolaan asset Dewan Pembina Yayasan LPTP yang berjumlah 9 orang. Almarhum juga sangat aktif dalam kegiatan LPTP termasuk rapat-rapat yang diselenggarakan oleh Yayasan LPTP. Pemikiran dan pendapatnya sering ditunggu dan didengarkan orang lain.

Dalam history LPTP, tercatat almarhum Sugeng Setyadi sudah aktif pada kepengurusan di YLPTP sejak 1985-1987. Waktu itu ketuanya M. Marsudi Sudjak, Sekretaris Yuni Suwarto dan Bendahara Ravik Karsidi. Almarhum menjadi anggota bersama Bambang Agussalam, Musril Chanafi, Bachrul, Robith, Endu M, Hari M dan Alim Muhammad. Dari beberapa nama di atas cukup banyak yang sudah tiada sekarang ini.

Almarhum dalam sebuah acara di Solo tahun 2019 (ketiga dari kiri)

Pada tahun 2002 hingga 2005 almarhum menjadi ketua Yayasan LPTP dengan didampingi Ravik Karsidi sebagai sekretaris dan Sri Aminah sebagai bendahara. Selain itu juga terdapat anggota yang mengelola bidang-bidang tertentu di bawah Yayasan LPTP untuk mensupport pekerjaannya sebagai ketua YLPTP.

Setelah terjadi perubahan format yayasan LPTP sesuai dengan UU Yayasan, organisasi Yayasan LPTP memiliki Dewan Pembina, Badan Pengawas, Dewan Etik. Karena keseniorannya dan pengalamannya yang luas, almarhum dipilih menjadi salah satu wakil ketua Dewan Pembina Yayasan LPTP bidang pengelolaan asset. Tugas itu diembannya hingga akhir hayatnya.

Kini sudah purna tugasnya mendampingi dan menghantar LPTP dari pereode ke pereode. Selamat jalan Pak De Sugeng Setyadi …………………..

Damai dan tenang di sisi Illahi.

Biarkan yang muda-muda melanjutkan cita-citamu.

Almarhum (panah biru) saat foto bersama dengan Dewan Pembina dan staf LPTP

***


Satu tanggapan untuk “IN MEMORIAM SUGENG SETYADI (AKTIVIS SENIOR LPTP)”

  1. seorang kakak yg sgt sempurna memberikan bimbingan tauladan motifasi dan inspiras.. beliau sllu hadir dan memdukung total buat adik” nya dg sepenuh hati. seorang anak yg sangat menyayangi kedua org tua dan keluarganya. sangat rasional dan konsisten dlm mengembangkan iptek dg tulus hati tanpa pamrih. selamat jln kakak dan pahlawan q, semoga amal kebaikan mu diterima Allah SWT. Amiin..