Rangkaian Kegiatan Harlah LPTP – DARI BERSIH-BERSIH KANTOR HINGGA KHATAMAN QURAN DAN MUJAHADAH

Rangkaian Kegiatan Harlah LPTP – DARI BERSIH-BERSIH KANTOR HINGGA KHATAMAN QURAN DAN MUJAHADAH

Sehari sebelum tanggal lahir LPTP, aktivis LPTP menyelenggarakan kerja bakti bareng dengan bersih-bersih kantor. Sore harinya nanti akan disambung dengan kataman Quran. Sedang malamnya dilakukan mujahadah di Kaliboto Green Institut, tempat di mana akan dibangun sebuah mushola. Itu merupakan kegiatan yang kedua dari rangkaian kegiatan harlah LPTP  secara keseluruhan.

Saat pagi hari, begitu sampai di kantor mereka langsung mengambil berbagai peralatan untuk bersih-bersih di seputar kantor LPTP Palur. Kantor Palur memiliki halaman cukup luas dan halaman ini yang disasar untuk ditata dan dibersihkan. Meskipun setiap hari dibersihkan oleh petugas kebersihan, namun kali ini dibersihkan bersama-sama.

Dari menyapu, memangkas pohon, menanam, memindah pot dilakukan para aktivis LPTP yang datang. Sebagian juga menyiapkan ruangan untuk ngaji bareng sore nanti. Karena dikerjakan bersama maka tidak terasa berat, apalagi dalam suasana riang gembira. Saat dhuhur tiba kerja bakti itu usai.

Seperti biasanya mereka makan siang bersama dalam suasana bersahaja namun dengan semangat kebersamaan yang kuat.

KHATAMAN QURAN

Seperti tahun lalu menjelang hari jadi LPTP dilakukan khataman Quran. Karena jumlah aktivis LPTP banyak dan rata-rata memiliki kemampuan baik membaca Quran, maka dalam waktu beberapa jam khataman Quran itu bisa diselesaikan.

Kataman Quran dimulai pukul 3 sore setelah sholat Ashar. Beberapa senior LPTP hadir dan mengikuti khataman Quran itu. Komunitas LPTP yang kebetulan tidak sibuk juga hadir  mengikuti kegiatan itu.  Staf yang bertugas di lapangan sengaja hadir dalam kegiatan ini dan besok akan mengikuti puncak rangkaian hari lahir LPTP ini di KGI.

Tidak lupa dalam agenda itu juga mendoakan para pendahulu LPTP yang telah tiada. Sekretaris Yayasan LPTP Hari Mulyadi memimpin doa itu. Sesuai dengan berjalannya waktu dan capaian usia LPTP yang memasuki 43 tahun, sudah cukup banyak aktivis LPTP yang mendahului menghadap sang pencipta. LPTP tidak pernah melupakannya.

Selesai khataman Quran di kantor LPTP, sebagian staf LPTP sehabis magrib berangkat ke KGI.  Di tempat yang akan dibangun mushola itu sehabis Isya diselenggarakan mujahadah. Bersama dengan staf yang berada di KGI, kelompok peternak dan tim mujahadah  sahabat  melakukan doa, dzikir dan sholawat agar pembangunan mushola nanti berjalan lancar. Kegiatan itu berlangsung sampai malam hari.  

***