30 Mei 2020

Program Kerja Wilayah Tuban

LPTP STASIUN TUBAN

Mesin pengolah sampah

Program yang dikembangkan LPTP di kawasan pantai adalah Pengelolaan Sampah di Kampung Nelayan. Program ini dilakukan di Desa Karangagung Kabupaten Tuban Jawa Timur.

Desa Karangagung merupakan sebuah desa di pantura yang padat penduduknya. Mayoritas penduduknya menggantungkan hidupnya pada lautan dengan menjadi nelayan. LPTP sudah sejak tahun 2017 berada di desa ini dan mendampingi masyarakat dalam mengatasi masalah sampah dan sanitasi di lingkungan desa ini.

Tujuan dari kegiatan yang dilakukan adalah memperbaiki sistem pengelolaan sanitasi.  Aktivitas yang dilakukan antara lain:

  1. Membangun MCK komunal sebagai media untuk penyadaran masyarakat dalam mengelola sanitasi lingkungan yang sehat.
  2. Memperbaiki perilaku hidup bersih dan sehat.
  3. Mengembangkan edukasi dan sarana pengelolaan sampah.

Metodologi dan pendekatan

Ada 2 metode yang dipakai dalam program pengembangan kawasan pesisir Tuban yaitu :

  1. Participatory learning and action.

Inti dari participatory learning and action adalah bahwa setiap tindakan yang dilakukan merupakan hasil refleksi atas pengelaman dan kenyataan hidup masyarakat.

  1. Participatory technology development.

Metode ini intinya, melibatkan masyarakat didalam mengembangkan teknologi yang mendukung penghidupan mereka. Pendekatan yang digunakan yaitu melalui sekolah lapang nelayan.

Implementasi dari program di Tuban di antaranya memperbaiki sistem pengelolaan sanitasi dengan membangun MCK komunal, gerakan pengelolaan sampah. Di samping itu juga menyelenggarakan sekolah lapang (SL) sampah, SL daur ulang sampah dan pembuatan bank sampah, SL pembuatan pupuk dari sampah organik. juga pembangunan pusat pelayanan dan pengelolaan sampah terpadu (P3ST)

 

***

©2019 LPTP - Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan