07 Juni 2020

Program Kerja Wilayah Bojonegoro

LPTP STASIUN BOJONEGORO

Membangun, Mengelola & Memberdayakan  Sistem Informasi Desa (SID)

LPTP sudah sejak tahun 2013 mengembangkan sistem informasi desa (SID). Pada awalnya SID dikembangkan bersamaan dengan program IPWD (Integrated Pusur Watershed Development) di Klaten pada tahun 2013. Selanjutnya SID semakin dikembangkan di berbagai daerah.

 

Sepanjang waktu SID LPTP terus dikembangkan untuk mencapai hasil maksimal. Metode yang digunakan menggunakan pendekatan partisipatif. Dengan mengandalkan metode PAR (participatory action research), fasilitator SID menggali segala kendala dan permasalahan urgen yang ada pada masyarakat. Sedang teknik yang digunakan dalam  penyusunan SID sebagai berikut :

1.Pemetaan Sosial

Pemetaan sosial merupakan proses mengenali kondisi sebenarnya yang berada di masyarakat. Baik kondisi pada saat ini, kondisi pada masa lalu, dan kondisi yang akan datang. Proses ini akan banyak melibatkan masyarakat sebagai subyek informan utama dan pelaku perubahan yang ada pada lingkunganya. Pemetaan sosial ini berdasarkan atas kondisi lingkungan keluarga, mulai dari kondisi rumah tangga, kesehatan, belanja rumah tangga, peternakan, perikanan, pertanian.

2.Pemetaan Spasial

Pemetaan spasial mengidentifikasi kondisi masyarakat dan lingkunganya yang fokus terhadap tata ruang, kawasan, bentuk wilayah. Hal ini sangat berhubungan dengan kondisi sosial yang berada di masyarakat.

3.Analisa Stakeholder

Dalam merencanakan segala macam bentuk kepentingan dari berbagai pihak, ada beberapa identifikasi

4.PRA (Partisipatoty Rural Appraisal)

Menggunakan teknik PRA dengan beberapa kajian yang fokus dan mendalam tentunya. Salah satu yang digunakan adalah kalender musim, diagram venn, alur sejarah, trend and change, dan juga analisa peta sosial.

Gambaran alur pelaksanaan SID yang dikembangkan di LPTP sebagai berikut:

Pada akhirnya SID yang dihasilkan memiliki nilai informasi yang tinggi bagi desa. Selain itu sebagai acuan dalam pembuatan perencanaan rencana desa yang penting dalam pembangunan desa.

Manfaat dari SID sebagai berikut :

  1. Sistem informasi desa sebagai pedoman dasar acuan perencanaan pembangunan desa.
  2. Sistem informasi desa sebagai media pengontrol data kondisi terbaru desa.
  3. Sistem informasi desa sebagai media layanan administrasi desa.
  4. Sistem informasi desa sebagai media meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menguasai informasi tentang ruang kehidupanya.

 

***

©2019 LPTP - Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan