27 November 2020

Akademi Komunitas Adiyasa

 

Akademi Komunitas Adiyasa didirikan oleh Yayasan Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesan (YLPTP) dan mendapat pengesahan dari pemerintah pada tanggal 31 Januari 2020 dengan Surat Keputusan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI nomor 190/M/2020.

Penyerahan SK pendirian Akademi Komunitas Adiyasa di LLDikti VI Semarang

Gagasan untuk mendirikan lembaga pendidikan tinggi dalam bentuk sekolah vokasi telah muncul sejak lama. LPTP sejak awal pendiriannya tidak lepas dari akktivitas pendidikan dan pelatihan. Ratusan bahkan ribuan pelatihan telah diselenggarakan oleh LPTP sejak dulu sebagai upaya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat.

Bidang pengembangan sumber daya manusia merupakan bidang yang ditekuni LPTP sejak berdirinya Yayasan LPTP pada tahun 1978. Pilihannya adalah pendidikan dan pelatihan berbagai bidang. Bidang ini dinilai amat strategis untuk memajukan kesejahteraan masyarakat. Di samping itu Yayaan LPTP juga melakukan pengembangan teknologi pedesaan atau sering disebut teknologi tepat guna (appropriate technology). Sejak berdiri hingga sekarang telah melakukan berbagai kegiatan seperti riset pengembangan teknologi, rekayasa teknologi, publikasi dan aplikasi teknologi.

Yayasan LPTP juga pernah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan kerja perbengkelan dengan ijin Kantor Wilayah Departemen Tenaga Kerja Provinsi Jawa Tengah nomor 090/W10/LLKS/1991 serta sejumlah kegiatan pengembangan masyarakat di bidang pelestarian lingkungan hidup. Pada tahun 1994, Yayasan LPTP juga pernah memiliki akademi teknik.

Semakin besarnya jumlah lulusan sekolah menengah atas mendorong LPTP untuk mendirikan sekolah vokasi dengan tujuan untukmeningkatkan kualitas lulusan sekolah menengah itu agar memiliki kecakapan yang unggul. Baru pada tahun 2020, YLPTP berhsil mendirikan Akademi Komunitas Adiyasa.

Kampus Akademi Komunitas Adiyasa

Akademi Komunitas Adiyasa ini memiliki kampus  di Jl Raya Palur Km 5 di atas tanah seluas 3434 M persegi. Dari tanah seluas itu sekitar 400 meter merupakan bangunan untuk perkantoran dan ruang kuliah, 390 meter persegi untuk bengkel dan sisanya lahan untuk pertamanan dan parkIr serta untuk fasilitas sport.

 

Lihat juga ………………….

***

©2019 LPTP - Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan